Langsung ke konten utama

MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEORI EVOLUSI UNTUK MEMBANGUN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS PESERTA DIDIK

MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEORI EVOLUSI UNTUK MEMBANGUN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS PESERTA DIDIK
Oleh: Ilisya P.I.

Salah satu materi Biologi yang sampai saat ini masih seringkali menumbuhkan "perang batin" dalam hati seorang pendidik, terutama berlatar agama Islam adalah Evolusi. Kajian materi evolusi yang cukup banyak bertentangan dengan agama tetapi tetap harus dipahami oleh peserta didik secara menyeluruh dan sesuai dengan apa yang terdapat di silabus. Oleh karenanya, pendidik harus dapat menyajikan materi evolusi secara seimbang, dimana materi sesuai silabus tersampaikan, tetapi pemahaman peserta didik mengenai evolusi dari segi keislaman pun tersampaikan.

Model pembelajaran yang dapat diterapkan diantaranya adalah dengan discovery learning. Melalui discovery learning, peserta didik diharapkan dapat merekontruksi sendiri pengetahuannya, dapat mengkaji materi evolusi secara lebih mendalam. peserta didik dapat menemukan sendiri teori-teori evolusi yang kemudian dapat dikaji melalui dua aspek, yaitu secara teori dan pandangan para ilmuan saat ini serta pandangan al-Qur'an mengenai teori evolusi. Melalui kajian yang cukup luas, peserta didik dapat menganalis dan memiliki pemahaman yang lebih mendalam mengenai teori evolusi.

Peserta didik di awal pembelajaran disajikan beberapa video mengenai materi evolusi, video yang mengkaji secara scientific kekinian mengenai teori evolusi, video mengenai teori evolusi sesuai silabus, video mengenai teori evolusi berdasar kajian agama. peserta didik diminta untuk mengkaji ketiga nya dihubungkan dengan materi evolusi, adakah yang bersesuaian ataukah tidak bersesuaian dengan teori evolusi yang dipelajari di biologi.

Peserta didik diminta untuk memberikan analisis  atau pemikirannya secara kelompok dan mempresentasikan di depan kelas. Diharapkan dengan peserta didik merekontruksi ilmu pengetahuannya sendiri mengenai evolusi, peserta didik dapat memiliki pemahaman lebih mendalam dan menyeluruh mengenai teori evolusi, baik dari segi keilmuan materi evolusi sesuai dengan yang  harus dipahami dalam silabus dan juga dari segi keislaman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Observasi Ekosistem Sungai di Majalengka

Aku Ada Untuk Kalian

  Aku Ada untuk Kalian Oleh: Ilisya P. Indrasari   Kenalkan, aku bumi. Aku ada karna diciptakan. Aku tau, sejak awal aku ditugaskan untuk memenuhi kebutuhan dan kehidupan makhluk yang paling sempurna, manusia. Aku berharap besar pada manusia. Awalnya aku biasa saja, dengan manusia aku menjadi lebih berarti. Tanahku banyak yang diolah menjadi pesawahan, perkebunan, ladang, dan memberikan manfaat banyak bagi manusia. Sungaiku dijaga, karena mereka juga membutuhkan air sungaiku yang jernih dan juga makhluk yang hidup didalamnya. Lautku biru, mereka selalu senang menatap lautku. Mereka jaga lautku, karena mereka butuh lautku, ikanku, garamku. Tanahku subur, semakin subur dengan diolah secara alami. Aku mencintai mereka, merekapun mencintaiku. Tidaaakkkk… Kenapa aku…??? Lautku…, sungaiku…, tanahku …, pohonku..., hewanku…, udaraku…??? Aku sakit… aku dikhianati… Mengapa setelah ratusan tahun aku menemani, mereka malah mengkhianatiku, menyakitiku… Lihatlah sungaiku k...